©2019 by ARIF ASATAR. Proudly created with Wix.com

ARIF ASATAR

Welcome to My Blog

It's my personal blog. I would like to share everything about books, life, and my thought(s). Hope you enjoy!

 
 
Cari
  • Arif Asatar

Perlukah Ikut Pameran?



Untuk ikutan pameran sekelas Jatim Fair di Surabaya, satu stand-nya dibandrol sampai 25 juta. Lalu, apa untungnya ikut pameran? Aku selalu mendapat pertanyaan ini dari teman-teman yang baru memulai usaha.


Begini, memang sih hanya dalam lima hari enggak mungkin kita bisa mengembalikan pengeluaran yang kita keluarkan untuk biaya ikut pameran. Totalnya bisa sampai 40 juta lho! Terus kenapa harus ikut pameran?







Kalau kamu adalah pengusaha baru, aku sarankan untuk tidak terburu-buru ikutan pameran. Yang terpenting bagi pengusaha baru adalah meningkatkan penjualan. Pameran urusan belakang. Mengingat pameran membutuhkan cost yang besar. Fokus dengan diri sendiri dulu. Produk, layanan, dan keuangan sehat, baru ikutan pameran.


Setelah bisnis berjalan oke, kamu wajib ikutan pameran. Karena, para buyer dan investor nongkrong di sini, Cuy! Kalau stand dan produk kamu bagus, mereka bisa datang untuk kerja sama dengan kamu. Termasuk para eksportir yang menawari aku kerja sama didapat juga dari ikutan pameran. Syaratnya satu, kualitas diri sendiri dulu diperhatikan.


Pameran adalah salah satu metode yang efektif untuk mendatangkan buyer dan investor. Tergantung juga kapasitas pamerannya. Kalau pameran-pameran lokal, aku enggak menjamin bakal sehebat pameran beken dampak ke bisnis kamu.Tapi, coba aja yang murah-murah dulu juga oke.


Kebetulan, kalau kamu ingin tahu pameran Jatim Fair itu seperti apa, cek vlog aku di bawah ini!




28 tampilan
 
 

CONTACT

Thank you for visiting my blog. I'd love to know you get in touch with me.  Let's be a friend and share!

East Java, Indonesia

Laptop & Coffee