©2019 by ARIF ASATAR. Proudly created with Wix.com

ARIF ASATAR

Welcome to My Blog

It's my personal blog. I would like to share everything about books, life, and my thought(s). Hope you enjoy!

 
 
Cari
  • Arif Asatar

Apa Jadinya Jika Robot Membuat Robot?

Manusia memiliki probabilitas berpikir tidak rasional. Pernahkah kamu membayangkan apa jadinya bila semua keputusan dalam hidupmu diputuskan dengan rasional? Apakah kamu masih duduk menjadi supervisor sekarang atau benarkah pasanganmu akan tetap sama dengan yang saat ini?


Apa pertimbanganmu dalam memilih pasangan? Urutkan berdasarkan yang menurutmu paling penting sampai tidak penting:

1. Penampilan fisik;

2. Karakter atau watak;

3. Keyakinan (agama);

4. Pekerjaan;

5. Kekayaan;

6, Terampil;

7. Usia; dll.


Jika kamu sudah memiliki pasangan, jelaskan pada dirimu sendiri apa yang membuat kamu memutuskan untuk memilih dia? Apakah penjelasanmu cukup rasional atau hasil dari rasionalisasi ketidakrasionalan?


Setelah aku dan beberapa kawan bekerja di kantor, kami sempat diskusi tentang kemampuan berpikir rasional. Sejatinya, manusia lah yang menciptakan komputer dan bahasa komputer, namun ternyata manusia lebih rentan daripada ciptaannya (komputer). Sudah ada artificial intellegence (AI) yang mampu mengalahkan pemain catur terhebat di dunia, mengalahkan pemain tenis meja nomor satu di dunia, dan mengalahkan keterampilan pilot termahir di dunia. Komputer telah unggul dari manusia.


Aku ulangi sekali lagi, sejatinya yang menciptakan komputer adalah manusia, bukan tapi lebih tepatnya "rasio manusia". Pertanyaan besarnya, bagaimana jika robot atau AI menciptakan robot atau AI? Apa peran manusia di kemudian hari?


Setelah lama berdiskusi, aku bertanya pada diriku sendiri: Jika setiap saat aku berpikir dan bertindak rasional, sekarang aku telah menjadi siapa?







17 tampilan
 
 

CONTACT

Thank you for visiting my blog. I'd love to know you get in touch with me.  Let's be a friend and share!

East Java, Indonesia

Laptop & Coffee